Prosedur Kerja Kasir Retail
Tata cara kerja kasir dan tahapan kerjanya semua itu sudah diatur secara terperinci dalam sebuah prosedur kerja.
Apa itu prosedur kerja?
Prosedur kerja adalah tahapan-tahapan kerja yang dibuat secara berurutan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan maksimal.
Prosedur Kerja Kasir
Berikut ini adalah prosedur kerja kasir saat melakukan transaksi penjualan :
1. Menyapa Customer (Greeting)
Kasir harus menyapa customer dengan teknik smiling voice dan smiling face.
Contoh greeting :
- selamat pagi
- selamat siang
- selamat sore
- selamat malam
- silahkan
2. Menerima Barang Belanjaan Customer
Kasir harus menerima barang belanjaan customer dari tangan ke tangan, kecuali customer lebih memilih untuk meletakkan barang belanjaannya langsung ke atas meja kasir.
3. Menyortir Barang Belanjaan Customer
Kasir harus menyortir barang-barang yang sejenis untuk memudahkan proses penginputan jumlah barang ke dalam program penjualan di komputer.
4. Menginformasikan Promo/Diskon
Kasir harus menyampaikan informasi kepada customer jika ada produk yang sedang promo atau diskon.
Contoh :
Promo untuk kopi instan beli 2 gratis 1
Diskon 20% untuk pembelian deterjen biru
5. Menginformasikan Event Toko
Kasir harus menyampaikan informasi kepada customer jika ada event acara yang akan diselenggarakan di toko.
Contoh :
Event lomba menggambar dan mewarnai untuk anak SD
Event bazar akhir tahun
6. Scan Barcode Barang
Kasir harus melakukan scan barcode pada semua barang belanjaan customer dan menginput jumlah barang dengan benar ke dalam program penjualan di komputer.
7. Menanyakan Kartu Member
Kasir harus menanyakan kartu member customer bila toko memang memberlakukan sistem membership.
8. Menginput Id Member
Kasir harus menginput id member customer ke dalam program penjualan agar customer bisa mendapatkan bonus hadiah, poin atau diskon belanja.
9. Menginformasikan Total Pembayaran
Kasir harus menginformasikan total pembayaran kepada customer sesuai dengan nominal yang tertera pada layar komputer.
10. Menanyakan Jenis Pembayaran Customer
Kasir harus menanyakan jenis pembayaran yang diinginkan customer apakah melalui kartu debit, kartu kredit atau tunai.
11. Memproses Pembayaran Customer
Kasir harus memproses pembayaran customer dengan benar sesuai dengan jenis pembayarannya.
Untuk pembayaran tunai, proses yang harus dilakukan adalah :
- menerima uang dari customer
- menghitung uang secara langsung di depan customer
- mengkonfirmasi jumlah uang yang di terima dari customer
- mengecek keaslian uang dengan menggunakan money detector
- menginput jumlah pembayaran ke dalam program penjualan
- struk belanja akan tercetak secara otomatis
- menyerahkan struk belanja, uang kembalian dan kartu member kepada customer
Untuk pembayaran melalui kartu debit, proses yang harus dilakukan adalah :
- menerima kartu debit dari customer
- memasukkan chip kartu debit ke mesin EDC
- menginput jumlah pembayaran ke mesin EDC
- meminta customer menginput pin kartu debit ke mesin EDC
- struk pembayaran akan tercetak secara otomatis
- menginput jumlah pembayaran dan id transaksi pembayaran ke dalam program penjualan
- struk belanja akan tercetak secara otomatis
- menyerahkan struk belanja, struk pembayaran dan kartu member kepada customer
Untuk pembayaran melalui kartu kredit, proses yang harus dilakukan adalah :
- menerima kartu kredit dari customer
- menginput jumlah pembayaran ke dalam mesin EDC
- menggesekkan strip magnetik kartu kredit ke mesin EDC
- struk pembayaran akan tercetak secara otomatis
- meminta customer menandatangani struk pembayaran
- menginput jumlah pembayaran dan id transaksi pembayaran ke dalam program penjualan
- struk belanja akan tercetak secara otomatis
- menyerahkan struk belanja, struk pembayaran dan kartu member kepada customer
12. Mengemas Barang Belanjaan
Kasir harus mengemas barang belanjaan customer dengan rapi dan aman. Serahkanlah barang belanjaan langsung ke tangan customer dan pastikan tidak ada barang yang tertinggal di meja kasir.
13. Mengucapkan Terima Kasih (Closing)
Kasir harus mengucapkan terima kasih sebelum mengakhiri pertemuan dengan customer. Gunakanlah teknik smiling voice dan smiling face agar customer mau datang lagi ke tokomu.
Catatan :
Prosedur kerja ini berlaku untuk toko retail yang sudah menggunakan sistem point of sales (POS).